Khasiat ampuh biji pepaya untuk kesehatan

(Buah Pepaya)

Selain rasanya yang manis dan segar, buah pepaya juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tapi ternyata, bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat untuk kesehatan, tapi biji buah pepaya juga memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Tidak banyak yang tahu bahwa biji pepaya yang biasanya kita buang ternyata banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengeluarkan racun-racun yang menumpuk didalam usus dan lever kita. Menurut penelitian, racun bisa menumpuk hingga seberat 8 Kg didalam usus kita.

Selain bermanfaat untuk mengeluarkan racun didalam usus dan lever, ekstrak biji pepaya juga dapat melindungi ginjal dari racun yang dapat memicu terjadinya gagal ginjal.

Biji pepaya juga dapat membunuh parasit yang bersarang didalam sistem pencernaan Manusia. Biji pepaya juga mengandung zat antikolesterol yang hebat. Mengkonsumsi biji buah pepaya juga bermanfaat sebagai antioksidan dalam darah.

Hal itu telah teruji dalam penelitian mengenai jus biji buah pepaya yang secara signifikan dapat menurunkan kadar kolesterol dan LDL (lipoprotein densitas rendah), serta meningkatkan kadar HDL.

Ekstrak biji pepaya ini memiliki kandungan alkaloid, flavonoid, tanin, saponin anthraquinones, dan anthocyanosides.

Dengan adanya kandungan zat-zat tersebut, biji pepaya memiliki efek hipolipidemia dan antioksidan dalam darah yang luar biasa. Efek hipolipidemia sangat berguna bagi terapi alternatif hiperlipidemia yang disebabkan adanya lemak nabati atau kolesterol dalam jumlah terlalu tinggi.

Sedangkan saponin yang terdapat didalam biji pepaya bermanfaat untuk menurunkan aktifitas kolesterol serum seperti aksi resin, yaitu dengan mengurangi sirkulasi enterohepatik asam empedu. Melalui penghambatan reaksi oksidasi kolesterol LDL ini maka dapat menurunkan kadar kolesterol darah.

Kandungan Fitokimia memiliki peran aktif bagi pencegahan penyakit. Sementara Flavonoid merupakan antioksidan yang dapat menangkap radikal bebas.

Berikut ini cara mengkonsumsi biji pepaya sebagai obat:
(Biji Buah Pepaya)

• Cara pertama:

Blender biji pepaya kemudian disajikan seperti membuat jus.

• Cara kedua:

- Cuci bersih biji pepaya, kemudian dijemur dibawah terik matahari selama 2 - 3 hari atau sampai benar-benar kering.

- Setelah kering, blender/tumbuk biji pepaya tersebut sampai halus atau menjadi serbuk.

- Ambil serbuk biji pepaya sebanyak satu sendok teh kemudian diseduh dengan satu gelas air panas. Bisa juga dicampur madu atau gula agar rasanya lebih manis.

• Cara ketiga:

Bisa juga dibuat jus langsung diblender bersama buahnya. Minum jus buah dan biji pepaya 1 - 2 gelas setiap hari.

Lakukan secara rutin, dan dalam 14 hari pencernaan akan menjadi semakin sehat dan tubuh akan menjadi lebih bugar.

Baca juga:




Demikian sedikit informasi tentang khasiat ampuh biji pepaya untuk kesehatan. Untuk informasi lain seputar kesehatan, kecantikan, dan obat tradisional, dapat dibaca pada artikel Ki-Dokter lainnya.

Semoga bermanfaat
Terima kasih

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Khasiat ampuh biji pepaya untuk kesehatan"

Posting Komentar